Kamis, 23 Desember 2010

Thx Rene,

Hari senen lalu (20.12.2010), TL gw mendaftarkan gw dateng ke seminar akhir tahun yang diadain selasa 21 des 2010 di astra Internasional, judul seminarnya " your job is not your carrier" pembicarannya Rene Suhardono. sebenernya gw asli males,, because that day is my day off. c'mon.. kalo hari libur gw mesti dateng ke kantor, kapan bisa istirahat gitu... tiap hari tambah lembur 1-2 jam. dengan terpaksa gw meng-iyakan,, dateng seminar pada hari tersebut. dari awal gw underestimate dan ngeluh2, "coba hari ini libur, kan enak bisa bangun sampe siang".

acaranya mulai , pertama mc-nya ngomong2, trus sambutan, trus nyanyiin mars astra, trus bla-bla-bla.. sampe pada waktunya si pembicara yang bernama Rene Suhardono itu ngasih wejangan2 a.k.a motivasi tapi dia nggak mau disebut sebagai motivator karena menurut si rene ini kita semua ada di ruangan tsb adalah pilihan kita sendiri untuk datang, pilihan kita sendiri untuk mendengarkan dan pilihan kita sendiri untuk termotivasi.
deg... ngena dunk di gw. kan,, pada awalnya gw terpaksa dateng ke seminar itu... tapiiii ternyata setelah 2 jam gw mendengarkan semua kata2 yang keluar dari mulut dia gw ngerasa wow.... ini toh yang namanya " pemahaman unik tentang karir & kehidupan dari careerCoach.

semua yang di katakan oleh rene itu sangat sangat sangat bikin gw sadar kalo ternyata gw kurang banget ngelakuin hal yang baru setiap harinya, cuma jadi orang yang standar dengan bagun, brangkat, kerja, pulang, mandi, makan, tidur.. berulang ulang- berulang ulang selama lebih dari 3 tahun ini.

inti dari " your job is not your carrier " itu bahwa job itu berbeda dengan karrir, kalo job hubungannya dengan perusahaan tempat kita kerja, tempat kita melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang karyawan, sumber penghasilan kita atau penunjang kita untuk menemukan karrier kita. dimana karrir itu sendiri merupakan passion, purpose, dan value dari diri kita. jadiii kita mesti tahu passion, purpose dan value dari diri kita supaya kita bisa menjadi diri sendiri yang lebih baik. nahhh,, masalahnya gimana kita bisa tahu passion, purpose dan value kita.. caranya tantang diri kita untuk mencoba hal2 baru, kalo kita comfort dan enjoy untuk ngelakui hal tersebut itulah passion kita. dan passion sendiri bisa apa aja tidak tebatas dari apa dan siapa.

satu yang gw inget banget kata si rene ini, kalo hidup itu pilihan dan kita tidak patut untuk menyesali pilihan itu. semua yang kita lakuin pasti ada pilihannya, gimana kita bisa tahu pilihan kita benar atau tidak ???? jawabannya nggak ada yang bisa memastikan, tapi kita bisa lebih bijak dengan memilih pilihan yang pasti ada harapan didalamnya walau sekecil apapun. begitu teman-teman hehehe... (kaya yang bener aja euy..) kalo ternyata pilihan kita itu salah, yah.. itu resiko orang yang berani. harus terima dan ambil pelajaran untuk menjadi lebih kuat. at least kita tahu batas kemampuan diri kita sampe dimana. yang penting kita sudah berani mencoba, jangan cuma merasa menjadi seperti air yang mengalir. karena sifat air sangat berbeda dengan manusia. jadi kalo ada yang bilang " hidup gw seperti air yang mengalir" itu salah besar.

pulang dari seminar itu mata gw jadi terbuka (dalam arti tidak sebenarnya yah), thanks to TL gw yang udah daftarin seminar itu. walaupun gw masih mencari apa sebenarnya passion gw, tapi gw akan berusaha menjalani semua dengan jujur dan berarti.

buat yang pengen tahu lebih detail Rene Suhardono siapa, bisa liat linknya di sini ya : http://www.passionoutloud.com/careercoach/present

Tidak ada komentar:

Posting Komentar